Pages

Tuesday, April 30, 2019

Seperti Rencana Indonesia, 11 Negara Ini Akhirnya Sukses Pindahkan Ibu Kota

Canberra, ternyata baru menjadi ibu kota Australia sejak 12 Maret 1913, menurut laman History Today.

Untuk diketahui, Australia pada mulanya terdiri atas enam koloni yang terpisah. Masing-masing memiliki parlemen dan administrasi tersendiri. Begitu pula diterapkan pajak jika berpindah dari wilayah satu ke yang lain.

Namun setelah melewati berbagai diskusi dan perdebatan, persemakmuran Australia secara resmi terbentuk pada 1 Januari 1901 sebagai negara yang bersatu.

Namun kemudian, pertanyaan yang sulit dijawab adalah di mana ibu kota Australia berada.

Melbourne dan Sydney adalah kota terbesar di negara itu, tetapi ada persaingan sengit di antara mereka. Setelah banyak perselisihan, diputuskan bahwa Melbourne akan menjadi ibu kota dengan terdapat gedung parlemen federal.

Namun kemudian, dipilih Canberra sebagai ibu kota baru. Canberra adalah sebuah desa tak dikenal saat itu, di Sungai Molonglo, sekitar 150 mil barat daya Sydney.

Pada tahun 1911, menteri federal untuk urusan dalam negeri, Raja O'Malley, yang telah berkampanye penuh semangat untuk Canberra, menyelenggarakan kompetisi internasional untuk merancang kota baru. Walter Burley Griffin, seorang arsitek asal AS kemudian memenangkan sayembara untuk membangun Canberra.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2IPU3V9

No comments:

Post a Comment