Pages

Monday, December 31, 2018

9 Stadion Ini Pakai Nama Pahlawan Nasional

7. Stadion Abdurrahman Saleh

Abdurrahman Saleh merupakan pahlawan nasional yang aktif di bidang kedokteran dan militer. Selain itu Abdurrahman Saleh juga punya peran dalam pendirian Radio Republik Indonesia (RRI).

Abdurrahman Saleh gugur saat pesawat yang dikemudikannya dengan muatan obat-obatan ditembak jatuh pasukan Belanda pada 29 Juli 1947 di daerah Maguwo, Yogyakarta.

Selain diabadikan menjadi nama bandar udara di Malang, Jatim, Abdurrahman Saleh juga menjadi nama stadion markas PSSS Situbondo di Situbondo, Jatim.

Abdurrahman Saleh ditetapkan sebagai pahlawan nasional dengan SK Presiden No. 071/TK/1974 pada 9 November 1974.

8. Stadion Diponegoro

Stadion yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, merupakan markas Persewangi Banyuwangi. Stadion Diponegoro, yang punya nama lain Stadion Jogopati, mengambil nama dari pahlawan nasional Pangeran Diponegoro.

Pangeran Diponegoro terkenal karena memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa pada 1825-1830 melawan kolonial Belanda. Atas jasanya pemerintah RI melalui SK Presiden No. 087/TK1973 pada 6 November 1973 menetapkan Pangeran Diponegoro sebagai pahlawan nasional.

Stadion Diponegoro termasuk salah satu stadion modern di Jatim setelah mengalami renovasi besar seiring keberadaan Banyuwangi sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2015.

Di Kota Semarang juga ada Stadion Diponegoro. Stadion yang menjadi markas PSIS Semarang tahun 1940-1970-an itu dikelola Kodam IV Diponegoro.

Stadion Diponegoro di Banyuwangi (banyuwangidiscovery)

9. Stadion Ahmad Yani

Setidaknya ada tiga stadion di Tanah Air yang menggunakan Ahmad Yani sebagai nama, yakni di Sumenep, Mojokerto, dan Sumedang. Nama stadion itu mengacu pada nama pahlawan revolusi sekaligus pahlawan nasional, Achmad Yani.

Achmad Yani merupakan Komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat saat terjadi pemberontakan Gerakan 30 September. Achmad Yani gugur kala hendak diculik dari kediaman dinasnya di Jakarta.

Atas jasanya, Achmad Yani mendapat gelar pahlawan nasional pada 5 Oktober 1965 dengan SK Presiden No. 111/KOTI/1965.

Stadion Ahmad Yani di Sumenep, Madura. (korankabar)

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2GMY3pf

No comments:

Post a Comment