Pages

Wednesday, October 31, 2018

Masih Ada Kendala, BPJS Kesehatan Evaluasi Sistem Rujukan Online

Liputan6.com, Jakarta BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) telah menyelesaikan uji coba digitalisasi rujukan atau rujukan online dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dari hasil uji coba, masih ditemukan beberapa kendala serta tantangan yang terjadi di lapangan.

"Hasil uji coba tidak menutup sejumlah hal yang harus dibenahi," kata Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arif dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Budi mengungkapkan dari hasil uji coba yang dilakukan sejak 15 Agustus 2018 lalu, umumnya masyarakat mulai terbiasa dengan sistem rujukan online.

Namun, hasil lain yang memberikan dampak adalah terjadi pergeseran proporsi pelayanan yang biasanya menumpuk di rumah sakit A dan B, kini bergeser ke rumah sakit kelas C dan D.

"Misalnya terjadi penumpukan antrean pada beberapa rumah sakit kelas C dan D, akibat ada rumah sakit yang tidak sesuai dalam mengimput jadwal praktik dan kapasitas," imbuhnya.

Selain terjadi penumpukan, pada rumah sakit kelas C dan D, kendala lain yakni masih ada ketidaksesuaian mapping terhadap fasilitas kesehatan. Sehingga keluhan peserta muncul karena harus perpindah-pindah rumah sakit.

Saksikan juga video menarik berikut:

Bagaimana dengan operasi caesar bagi wanita yang mau melahirkan, apakah biaya operasi ditanggung BPJS? Saksikan penjelasannya di video ini

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2CSwXcT

No comments:

Post a Comment